S1 Teknik Industri Itenas Bandung

2 min read

Jurusan Teknik Industri bertujuan membentuk sarjana berkemampuan tinggi dalam perencanaan, penyususnan fisik, perbaikan dan pengoperasian sistem-sistem integral yg terdiri dari manusia, peralatan, bahan-bahan, uang keterangan dan energi.

Bidang keahlian Teknik Industri terdiri dari Teknik Indsutri dan Manajemen Industri. Kedua keahlian tersebut sama-sama memerlukan dasar yang kuat dalam prinsip dan metoda kerekayasaan maupun sistem integral dan didasari pula dengan pengetahuan dan keterampilan dari fisika, matematika dan ilmu-ilmu sosial.

Bidang keahlian TEKNIK INDUSTRI lebih dititikberatkan pada aspek peralatan dan informasi, dengan memperhatikan aspek manusia, material dan energi (perancangan produktivitas, efesiensi dari sistem integral).

Bidang keahlian MANAJEMEN INDUTSRI lebih kepada bertitikberatkan pada aspek manusia dan informasi, dengan memperhatikan material, peralatan dan energi (manajemen, operasi dan dinamika dari sistem integral).

LAPANGAN PEKERJAAN

Industri Manufaktur : Industri Logam, Kimia, Otomotif, Garment, Tekstil, Kayu dan Furniture

Industri Jasa : Konsultan Teknik, Perbankan, Telekomunikasi, Perdagangan, Teknologi dan Sitem Informasi dan sebagainya.

VISI

Visi Program Studi Teknik Industri Itenas pada tahun 2011 – 2015 adalah Program Studi Teknik Industri Itenas menjadi penyelenggara pendidikan tinggi yang unggul di tingkat nasional yg mampu beradaptasi terhadap perubahan teknologi industri dan berperan aktif dalam pengembangan keilmuan teknik industri.

MISI

Misi Program Studi Teknik Industri Itenas pada tahun 2011 – 2015 adalah :

Menyelenggarakan pendidikan teknik industri berbasis sistem manufaktur dan kualitas untuk menghasilkan lulusan yang bisa melakukan perancangan, instalasi, dan perbaikan sistem integral yg terdiri dari manusia, material, peralatan, informasi, dan sumber daya lainnya.

Menghasilkan lulusan sarjana teknik industri yang beretika dan profesional dalam lingkup industri manufaktur dan jasa, berjiwa kewirausahaan dan bisa selalu mengembangkan diri sesuai perkembangan situasi dan lingkungan.

Melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang teknik industri yg bisa memberikan manfaat pada pengembangan keilmuan dan teknologi.

Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang teknik industri buat mengimplementasikan hasil penelitian yg sudah dilakukan sebagai wujud peran serta dalam peningkatan kinerja masyarakat.

Tujuan

Tujuan Program Studi Teknik Industri Itenas pada tahun 2011 – 2015 adalah :

  1. Memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para mahasiswa dalam bidang matematika, sains dasar, ilmu sosial, ekonomi dan prinsip enjinering sebagai dasar kemampuan analisis dan perancangan dalam bidang teknik industri.
  2. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan dalam memakai teknik dan keterampilan buat melakukan perencanaan, perancangan, instalasi, perbaikan dan pengoperasian sistem integral.
  3. Memberikan pelatihan buat membentuk kemampuan profesional dan kepemimpinan dalam bidang teknik industri dan pengembangan wawasan kewirausahaan serta untuk menumbuhkan kesadaran bagi selalu meningkatkan pengetahuan.
  4. Meningkatkan kompetensi staf pengajar dan mahasiswa sehingga produktif dalam menghasilkan penelitian yang bermanfaat untuk pengembangan keilmuan dan teknologi.
  5. Meningkatkan peran serta staf pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat melalui hasil penelitian yg telah dikerjakan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Keahlian yang Diraih

  • Keahlian analisis dan perancangan sistem yang didukung metode-metode analitik dan teknologi keterangan. Keahlian ini mampu diterapkan buat perencanaan sistem pabrik (manufaktur), sistem jasa, sistem bisnis, sistem keterangan, sistem logistik dan transportasi, sistem komunikasi, serta sistem-sistem yang lain yg terdiri dari manusia, mesin, material, uang, informasi, waktu dan sumber daya lain.
  • Keahlian manajemen produksi dan operasi.
  • Keahlian konsultasi berkaitan dengan bidang-bidang di atas.

Profil Lulusan

  • Industrial Engineer
  • Manager
  • Wirausaha

Ketua Jurusan

Arie Desrianty, ST.,MT.

Ketua Program Studi S1

Sugih Arijanto, ST., MM.

Ketua Program Studi S2

Arif Imran, S.Si., MT., Ph.D.

STAF PENGAJAR

Abu Bakar, Ir., MM.
Alex Saleh, ST., MT.
Ambar Rukmi Harsono, Ir., MT.
Susy Susanty, ST., MT.
Asterina Febrianti, ST., MT
Arief Irfan Syah, ST., MM
Caecilia Sri W.S., Ir.,MT.
Chandra Ade Irawan, ST., MT., Ph.D
Dr. Kusmaningrum, Ir., MT.
Dwi Kurniawan, S.T., M.T.
Dwi Novirani, ST., MT.
Emsosfi Zaini, Ir.., MT.
Edi Susanto, ST., MM.
Fifi Herni Mustofa, ST., MT.
Gita Permata Liansari, ST., MT.
Hendang Setyo Rukmi, ST., MT.
Hendro Prassetiyo, ST., MT.
Lauditta Irianti, ST., MT.
Lisye Fitria, ST., MT.
Melati Kurniawati, STP., MT.
R. Hari Adianto, Drs., MT.
Ratna Puspitaningsih, ST., MBA.
Rispianda, ST., MT., M.Phil.
R. Cahyadi Nugraha, ST.,MT.
Yanti Helianty, Ir., MT.
Yoanita Yuniati, ST., S.Psi., MT.
Yuniar, Ir., MT.
Yodi Nurdiansyah, ST

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *