Agar Mahasiswa Tetap Bisa Kuliah, Unair Ubah Mekanisme Uang Kuliah

48 sec read

       Guna menjamin para mahasiswanya bisa tetap mengenyam pendidikan di bangku kuliah, Universitas Airlangga (Unair) berencana sedang perubahan mekanisme pada Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr Moh Nasih SE MT Ak CMA, seperti dinukil dari laman Unair, Selasa (17/1/2017).

 

“Secara nominal, Unair tidak ada perubahan, hanya saja mekanismenya yang sedang kalian pelajari,” ungkapnya.

Banyak mahasiswa yg meminta adanya keringanan pada UKT. Prof Nasir pun mengungkapkan akan adanya perubahan. “Kasus kalian, ada mahasiswa yang dapat UKT 5. Namun di semester berikutnya minta keringanan, itu yang sedang kami pelajari. Nah, kita sedang merancang prosedur buat pembayaran di awal, jadi dalam bentuk sumbangan universitas. Tapi nanti UKT-nya jadi lebih ringan,” imbuhnya.

Pertimbangan atas perubahan mekanisme ini tercetus karena adanya perubahan dari keadaan sejumlah mahasiswa. Walaupun dalam perhitugan justru menurun, namun menurutnya manfaat ini akan terasa secara sosial.

“Ya kan banyak mahasiswa yg di tengah jalan ditinggal orang tuanya, atau di PHK (Putus Hubungan Kerja,red). Unair tetap menjamin, buat mereka yang tidak bisa juga mulai kalian pikirkan,” ujarnya.

Prof Nasih mengharapkan agar calon mahasiswa tak khawatir tak bisa diterima pada jalur SNMPTN dan SBMPTN. Karena mahasiswa Bidikmisi lewat jalur mandiri pun mulai dipertimbangkan.

“Mereka yg kaya kan dapat les privat, manggil guru ke rumah buat ngajari juga mampu jadi lolos SNMPTN itu telah lumrah. Nah, yg tidak mampu ini harus kita pikirkan,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *