Jadwal Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2017

56 sec read

BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa tidak dapat secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik bagi menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Program Bidikmisi yaitu salah satu program unggulan pemerintah yang pelaksanaannya sudah dimulai sejak tahun 2010, sampai dengan tahun 2016 ini tercatat lebih dari 352 ribu mahasiswa yg telah memperoleh Donasi Biaya Pendidikan Bidikmisi, dari jumlah tersebut sebanyak 87 ribu sudah menyelesaikan pendidikannya. Jumlah peminat Program Bidikmisi memperlihatkan peningkatan yg sangat signifikan dari tahun ke tahun, untuk tahun 2016 tercatat sebanyak 416.428 pelamar tetapi hanya sekitar 75.000 saja yg bisa diakomodir karena keterbatasan anggaran pemerintah.

Secara umum pelaksanaan Program Bidikmisi telah berjalan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang kurang mampu secara ekonomi akan tetapi mempunyai potensi akademi yang baik. Secara prestasi para mahasiswa Bidikmisi juga menunjukkan kemampuan akademik yang luar biasa dengan capaian IPK lebih dari 51% mahasiswa Bidikmisi memperoleh IPK antara 3,0-3,5, dan lebih dari 31 % memperoleh IPK > 3.5, serta 0.6 % mempunyai IPK 4,0. Tidak hanya itu, prestasi non akademik mahasiswa Bidikmisi juga amat membanggakan.

Hingga pertengahan tahun 2016, lebih dari 200 alumni Bidikmisi berhasil mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang S2 dengan dukungan penuh beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sebagian besar melanjutkan studi di kampus-kampus terbaik di Indonesia, dan sebagian lainnya berkesempatan berkuliah di luar negeri di kampuskampus terbaik dunia seperti di Inggris, Belanda, Australia, Amerika dan lain-lain.

Selain itu, karena para mahasiswa Bidikmisi adalah para mahasiswa yang berasal dari segala pelosok Indonesia, program ini telah turut berkontribusi terhadap peningkatan kohesi sosial dan pemahaman tentang keragaman Bangsa Indonesia.

https://kelas-sabtu-minggu.com/wp-content/uploads/2021/05/JadwalBidikmisi2017.jpg

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *