Kesempatan Kuliah Gratis Khusus Bagi Lulusan Sma Kurang Dapat

40 sec read

JAKARTA – Tingginya biaya kuliah kerap membuat lulusan SMA atau sederajat tidak meneruskan studi ke jenjang perguruan tinggi. Padahal, pemerintah sudah menyediakan bantuan pembiayaan kuliah melalui Bidikmisi yg dapat dimanfaatkan bagi calon mahasiswa.

Bidikmisi merupakan skema bantuan biaya pendidikan buat calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi, namun memiliki potensi akademik bagi menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Saat ini, proses penerimaan Bidikmisi 2017 sudah dibuka.

Dikutip dari laman Bidikmisi, proses seleksi dimulai dari pendaftaran sekolah dan siswa, yakni pada 14 Januari hingga 1 September. Kemudian, peserta Bidikmisi dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan mendaftar pada 18 Februari sampai 6 Maret.

Seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN) berlangsung pada 25 Februari sampai 1 September. Sedangkan peserta Bidikmisi jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mendaftar pada 8 April sampai 5 Mei.

Tahun ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyiapkan Kuota bidikmisi buat 75 ribu mahasiswa. Tak hanya itu, Menristekdikti Mohamad Nasir juga menaikkan biaya hidup penerima menjadi Rp650 ribu per bulan, dari semula Rp600 ribu per bulannya.

Untuk informasi lebih lanjut, langsung cek http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ karena jadwal mampu saja berubah. Pastikan membaca persyaratan dan ketentuan sebelum mendaftar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *