Mahasiswa Its Wakili Indonesia Bahas Energi Di Meksiko

44 sec read

Foto: Dok ITS

 

JAKARTA – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Muhammad Irsan Agustian menjadi wakil Indonesia dalam Student Energy Summit di Merida, Meksiko. Dia menceritakan, butuh usaha ekstra keras sehingga akhirnya mampu berangkat ke sana.

Irsan mengungkapkan, melewati beberapa tahapan seleksi. Pertama, dirinya harus masuk dalam sembilan besar dari semua peserta di dunia yang berjumlah 400 peserta.

 

“Lombanya sebenarnya sederhana, cuma upload foto atau video berdurasi sepuluh detik yg bertemakan renewable energy, yg diimplementasikan di kampus,” tuturnya disitat dari laman ITS, Kamis (19/1/2017).

Dari sembilan besar, kemudian diambil sesuatu peserta yang paling banyak memperoleh vote dari foto atau video yang ditampilkan. Berkat kegigihannya, dia pun berhasil mengumpulkan ratusan votes.

Dalam konferensi tersebut, Irsan mengambil tema elecrtic vehicle yang terdiri dari bus listrik, mobil listrik nasional (molina), dan juga motor listrik yang ada di kampus ITS. Hal ini dikerjakan bagi turut mempromosikan teknologi yg dihasilkan anak bangsa, khususnya oleh mahasiswa ITS.

“Ada sekira 700 mahasiswa dari seluruh dunia yg mulai membahas energi secara keseluruhan, baik energi konvensional maupun terbaharukan. Pembahasannya dikerjakan melalui diskusi, seminar, dan juga studi kasus,” tuturnya.

Dari pengalaman tersebut, Irsan berpesan kepada para mahasiswa lainnya bagi memperbanyak pergaulan dengan orang-orang di luar kampus.

“Banyak sekali kesempatan, tinggal bagaimana kita, mahasiswa, mampu mengambil kesempatan itu dengan membagi waktu yg dimiliki,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *