Pertukaran Mahasiswa Mempererat Hubungan Bilateral

1 min read

Program pertukaran mahasiswa yang terjalin antara Universitas Mercu Buana dan Universitas Malaysia Sabah memberikan pengaruh cukup luas. Tidak cuma pada peningkatan kualitas keilmuan mahasiswa dari dua universitas, tetapi juga mempererat hubungan bilateral beberapa negara.

“Pengalaman belajar enam mahasiswa Universitas Malaysia Sabah selama di Universitas Mercu Buana, secara tidak langsung pula belajar mengenai budaya dan kehidupan masyarakat Indonesia,” ujar Rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Arissetyanto Nugroho, MM ketika melepas masa belajar mahasiswa asal Malaysia yang mengikuti program pertukaran mahasiswa di kampus Universitas Mercu Buana, Jakarta, Jumat (6/1/17).

Pengalaman berada di Indonesia, sambung dia secara tak segera memberikan persepsi yang lebih tepat mengenai Indonesia dihadapan bangsa-bangsa yang lain. Tentunya persepsi yang benar itu mampu memberikan kepercayaan bangsa lain terhadap Indonesia.

Tidak hanya itu saja, Rektor menilai pengalaman berada di negara yang lain juga memberikan wawasan luas. Mahasiswa yang berasal Malaysia mulai tidak mengurangi kekayaan budaya dalam dirinya. Sehingga lebih mematangkan kepribadian masing-masing.

 

“Hal itu pula yang didapat buat mahasiswa Universitas Mercu Buana yg tengah mengikuti pertukaran mahasiswa di luar negeri. Dampaknya dari program ini mulai sangat luas untuk peradaban dunia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini pula Rektor UMB menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Universitas Malaysia Sabah hingga terjalin kerjasama. Sekaligus berharap kerjasama ini mampu terus ditingkatkan dalam program-program berbeda.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, Muhammad Iqbal, Ph.D menjelaskan program pertukaran mahasiswa ini berlangsung selama satu semester. Peserta pertukaran mahasiswa ini menikmati seluruh fasilitas yang dimiliki Universitas Mercu Buana.

“Semua kegiatan yang dilakukan mahasiswa Malaysia ini tidak berbeda dengan mahasiswa Universitas Mercu Buana. Jadi mereka merasakan benar pengalaman belajar di Indonesia,” imbuhnya.

Adapun enam mahasiswa Malaysia yg ikut dalam program pertukaran mahasiswa ini adalah Chiew Hong Chun, Nurul Nabilah Burhanuddin, Herdanarena Jamsuddin, Dhashni AP Chandeer, Noor Syazlin Binti Noh dan Ruvina Indran. (penulis: Gambaran Sentosa, editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Interaksi Masyarakat / www.mercubuana.ac.id/ humas@mercubuana.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *