Tahun Ini Kuota Sbmptn Um Saingi Angka Snmptn!

54 sec read

Tahun ajaran baru 2017 ini Universitas Negeri Malang (UM) sudah mempersiapkan sejumlah kebijakan untuk menyambut para adik-adik mahasiswa baru. Salah satunya yaitu kebijakan pembagian kuota jalur masuk melalui 3 pintu SNMPTN atau undangan, SBMPTN dan juga jalur mandiri.

“Tahun ini kalian buka 30% kuota jalur undangan SNMPTN, 40% dari jalur tes atau SBMPTN dan selebihnya merupakan 30% mandiri,” papar Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, Wakil Rektor I UM

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pihak kampus berencana menambahkan kuota jalur tes SBMPTN dan mengurangi jumlah kuota jalur undangan SNMPTN. Hal ini sebagai hasil pertimbangan tahap akhir oleh kampus karena tingginya nilai prestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik yg diraih oleh mahasiswa SBMPTN dibandingkan mahasiswa jalur undangan.

“Berdasar hasil pertimbangan kita mahasiswa yg tes tulis ini ada prestasi lebih tinggi dari yang undangan, maka kita alihkan kuotanya sedikit lebih,” paparnya pada tim infokampus.news.

Tes SBMPTN Digunakan Sebagai Salah Satu Nilai Penentu Seleksi Mandiri

Ditemui disela kegiatan kantornya, Hariyono juga menambahkan kebijakan yang akan ditambah dalam proses hasil seleksi jalur mandiri nanti.

“Mandiri seleksi nanti tetap ada seleksi tes tulis, tapi nilai hasil SBMPTN kita juga ambil sebagai bahan pertimbangan kami. Ini khusus buat yang kebetulan ikut tes ya,” tambahnya.

Ia mengatakan dengan adanya pemanfaatan pengambilan nilai dari SBMPTN akan memudahkan pihak kampus bagi menilai tingkat keinginan siswa yang bersangkutan dalam pemilihan UM sebagai kampus tujuan.

“Dengan memanfaatkan hasil tes SBMPTN ini yg juga saran banyak pihak, mampu kalian lihat bagaimana anak ini kesiapannya dalam menghadapi tes yang pertama. Kedua, kami dapat lihat antusiasme anak yg bersangkutan terhadap memilih UM sebagai kampus tujuan,” pungkasnya. (pus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *