Biaya Kuliah S1 Teknik Informatika (Sttb) Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

2 min read

Teknik Informatika (S1)

Seiring perkembangan teknologi keterangan dan komunikasi khususnya di bidang internet dan komouter,  program studi Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yg berlandaskan pada kemampuan bagi memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan perangkat lunak (software). Di samping itu, sarjana lulusan Teknik Informatika diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan, sistem komputer, dan menguasai dasar-dasar ilmu dan teknologi keterangan sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.

Di zaman globalisasi ini manusia dituntut untuk memecahkan masalah-persoalan yg semakin beragam, rumit, dan kompeks. Itu sebabnya teknologi komputer adalah salah sesuatu jawaban yang mampu memberikan harapan baru bagi manusia. Teknologi ini diciptakan bagi menolong manusia melakukan proses-proses yg sebelumnya dikerjakan secara manual yg sangat potensial terjadinya kesalahan akibat human error. Komputer menawarkan pemecahan yang cepat, akurat dan konsisten.

Jurusan Teknik Informatika dikembangkan untuk memberikan pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi komputer tersebut buat memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin beragam dan kompleks  terutama dalam bidang pengolahan data dan keterangan.

Jurusan Teknik Informatika diarahkan buat menghasilkan system analyst yang mempunyai kemampuan bagi memecahkan berbagai masalah dalam dunia nyata dengan bantuan teknologi komputer.

Lulusan Teknik Informatika diharapkan tak hanya sekedar mampu menggunakan program-program aplikasi komputer (user) atau menyusun program aplikasi komputer (programmer), tetapi menjembatani kebutuhan-kebutuhan user yg kemudian diterjemahkan menjadi spesifikasi yg dibutuhkan programmer.

JurusanTeknik Informatika bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang profesional di bidang teknologi keterangan. Selain itu, bagi menjembatani kepentingan industri dan masyarakat, profesi dan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi.  Selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Melalui program ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi keterangan yang memadai sehingga tidak gagap saat mengimplementasikannya di masyarakat.

Kini, hampir tak ada ruang kehidupan yg tak tersentuh teknologi komputer. Ini tentu tak lepas dari peran serta bidang informatika yang ikut mempercepat pertumbuhan dan perkembangan era keterangan. Bidang aplikasi informatika di antaranya meliputi komunikasi data dan jaringan komputer, sistem informasi manajemen, sistem pakar, kecerdasan buatan dan robotika, dan rekayasa perangkat lunak. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi keterangan, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah buat lulusan Teknik Informatika khususnya diSekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB).

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung merupakan Perguruan Tinggi terakreditasi serta terkenal yang memiliki KOMITMEN SOSIAL serta merupakan kepunyaan masyarakat yg senantiasa mementingkan mutu pendidikan tingginya.

Salah satu cara STT Bandung di dlm mewujudkan KOMITMEN SOSIAL-nya adalah memberi bantuan kepada mahasiswa/i di dlm membayar uang studinya, merupakan dgn memberikan bantuan fasilitas bagi mempermudah mencicil uang studi tanpa bunga dan tanpa agunan, sehingga uang kuliahnya mampu diangsur sebagaimana kemampuan calon mhs baru.

Selain itu juga memberikan beasiswa kuliah kepada yg sesungguhnya kurang mampu dlm hal pendapatan / finansial.

STT Bandung membuat uang studinya cuma terdiri dari 2 komponen, yaitu :

1. Sumbangan Pengembangan (SPb) atau Uang Pangkal

Sumbangan Pengembangan ini dapat diangsur sesuai masa studinya, yaitu dapat diangsur sampai :

» 46 kali buat lulusan SMA, SMK, D1, sederajat melanjutkan ke S1

» 18 kali bagi lulusan D3/sederajat melanjutkan ke S1

Dengan

» pembayaran minimal pertama = Rp 50.000 bagi melanjutkan ke S1

Dan sisanya dijadwalkan sendiri sesuai tabel angsuran di bawah ini.

Namun demikian, khusus untuk yang benar-benar kesulitan dalam hal finansial, mampu membuat tabel angsurannya sendiri sesuai dengan kemampuan finansialnya.

2. Sumbangan Pendidikan Persemester (SPP)

Dalam SPP ini sudah termasuk BPP Pokok, uang SKS, uang ujian, dan uang praktikum setiap semesternya. Berapapun jumlah SKS yg diambil dalam suatu semester, SPP nya tak berubah.

SPP ini setiap semesternya dapat diangsur beberapa kali, yaitu maksimal diangsur 6 kali (1 semester = 6 bulan) dengan

» pembayaran minimal pertama = Rp 350.000 bagi melanjutkan ke S1.

Dan sisanya dijadwalkan sendiri sesuai tabel angsuran di bawah ini.

Namun demikian, khusus bagi yang benar-benar kesulitan dalam hal finansial, bisa membuat tabel angsurannya sendiri sesuai dengan kemampuan finansialnya.

Total Pembayaran Pertama

Total Pembayaran Pertama = SPb ke 1 + SPP ke 1 + Jaket Almamater dsb :

» Rp (50.000 + 350.000 + 100.000) = Rp 500.000 untuk melanjutkan ke S1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *