Pendaftaran Institut Teknologi Sepuluh November (Its) Surabaya

3 min read

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yg terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki dua Fakultas dan Program Studi, merupakan :

  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Jurusan Statistika, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) terdiri dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Manajemen Bisnis.
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Desain Produk Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geofisika, dan Desain Interior.
  • Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) terdiri dari Jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Transportasi Laut.
  • Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) terdiri dari Jurusan Teknik Informatika, dan Sistem Informasi

Itulah sekilas mengenai Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Semoga dapat memberi tambahan informasi mengenai Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Baiklah kalian kembali lagi kepembahasan awal membahas mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Pada tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka dua jalur penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur Berdikari yang berupa jalur PKM, UMDESAIN, dan Lintas Jalur. Dalam pelaksanaannya, Program PKM-ITS terbagi menjadi 2 macam merupakan Program Kemitraan dan Program Mandiri.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita membahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Simak pembahasannya dengan baik.

1. Pendaftaran SNMPTN ITS

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yg diperuntukkan buat siswa yang mempunyai prestasi akademik yg baik. Seleksi didasarkan pada penilaian nilai rapor dan prestasi akademik lainnya yg relevan.

Berikut Alur Pendaftaran SNMPTN:

  • Kepala Sekolah merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data siswa dan data sekolah di pdss.snmptn.ac.id
  • Kemudian mulai mendapatkan Password bagi masing-masing calon mahasiswa
  • Calon mahasiswa melakukan verifikasi data pendaftaran di pdss.snmptn.ac.id
  • Calon mahasiswa login ke web.snmptn.ac.id
  • Calon mahasiswa login memakai NISN dan Password yg sudah diberikan oleh kepala sekolah.
  • Calon mahasiswa sedang pengisian data secara lengkap dan benar, ketika memilih Perguruan Tinggi, Pilih ITS.
  • Calon mahasiswa mencetak kartu tanda peserta.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah PTN pilihan, tahapan seleksi, nama-nama PTN, dan lainnya mampu dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran Online SNMPTN.

2. Pendaftaran Online SBMPTN ITS

SBMPTN adalah seleksi jalur nasional yg seleksinya dikerjakan melalui ujian tulis bagi segala peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan bagi peserta program studi bidang seni dan keolahragaan.

Berikut Alur pendaftaran SBMPTN :

  • Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Lakukan pengisian data awal dan cetak kartu pengisian data awal seandainya telah mengisinya
  • Bawa kartu tersebut ketika membayar biaya pendaftaran di Bank
  • Setelah membayar, akan mendapatkan KAP dan PIN.
  • Gunakan KAP dan PIN bagi login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan setelah membayar di Bank.
  • Melakukan pengisian data secara lengkap, ketika memilih PTN, Pilih ITS.
  • Mencetak kartu tanda peserta SBMPTN
  • Membawa kartu tersebut dan perlengkapan lainnya saat ujian.

Tata cara pendaftaran, alur pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, kelompok ujian, materi ujian, nama-nama PTN pilihan, dan lainnya mampu dibaca pada artikel Pedoman Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran Jalur UMDESAIN ITS

UMDESAIN yaitu Ujian Masuk Sarjana (S1) Jurusan Desain Produk Industri ITS buat menyeleksi calon mahasiswa baru ITS yg berpotensi dan memiliki kreatifitas buat menempuh pendidikan akademik bidang Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual.

Peserta yg akan mendaftar jalur ini harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran berikut ini :

Persyaratan Pendaftaran

  • Lulusan SMA/MA/SMK seluruh jurusan bagi lulusan 3 tahun terakhir
  • Sehat Jasmani dan Rohani,
  • Tidak buta warna dan bebas narkoba.

Informasi lainnya mampu dibaca di website resmi ITS http://smits.its.ac.id/sarjana/#umdesain . Untuk jadwal pelaksanaan mampu dilihat disini.

4. Pendaftaran Jalur PKM ITS

PKM atau Program Kemitraan dan Mandiri yaitu jalur seleksi masuk ITS yang diadakan khusus oleh pihak panitia ITS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Seleksi PKM ITS buat seluruh program studi mulai didasarkan pada nilai/skor yg diperoleh dalam ujian SBMPTN Tahun ini kecuali program studi Desain Produk dan Industri. Khusus bagi pilihan program studi Desain Produk Industri, seleksi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh pada ujian UMDESAIN Tahun ini

Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dan sederajat lainnya yg sesuai dengan persyaratan yg ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan / pemerintah provinsi / Pemkab / Pemkot) yang mempunyai kerjasama dengan ITS yang ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.

Informasi mengenai persyaratan, daftar mitra ITS, biaya pendidikan, tata cara dan lainnya bisa dibaca di situs resmi ITS yaitu http://smits.its.ac.id/sarjana/#pkm . Untuk jadwal pelaksanaan dapat dilihat disini.

5. Pendaftaran Bidikmisi ITS

Bidikmisi merupakan biaya bantuan pendidikan yg diberikan kepada siswa yang kurang dapat secara ekonomi. Calon peserta sedang pendaftaran bidikmisi secara online ke laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, kemudian siswa juga harus mendaftarkan diri menjadi peserta SNMPTN atau SBMPTN atau jalur mandiri ITS sebagai jalur penyaluran Bidikmisi.

Informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan peserta, dan lainnya mampu di baca pada artikel Panduan Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi.

 

6. Pendaftaran Lintas Jalur S-1 ITS

Lintas jalur merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yg ingin melanjutkan pendidikan dari jenjang D-III melanjutkan ke jenjang S-1 di ITS bagi program pendidikan yang linier. Program Lintas Jalur S-1 dilakukan melalui 2 (beberapa) macam seleksi yakni : Seleksi Program Lintas Jalur S-1-Reguler, dan Seleksi Program Lintas Jalur S-1 Mandiri.

Persyaratan Pendaftaran

  • Mempunyai IP > 2,76 dan lama studi pada perguruan tinggi asal maksimal 7 (tujuh) semester.
  • Program studi D-III yang berasal lulusan harus terakreditasi sekurang-kurangnya B

Pendaftaran Program lintas jalur dilaksanakan di Sekretariat Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) ITS, Plasa Dr. Angka Nitisastro, Kampus ITS, Sukolilo-Surabaya.

7. Pendaftaran Jenjang Diploma ITS

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana. ITS juga menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, baik Diploma III ataupun Diploma IV. Selain itu, ada pula program lanjut jenjang dari D-III ke D-IV bagi Bidang Teknik Sipil. Informasi lebih lanjut bisa anda lihat di http://smits.its.ac.id/diploma/

 

8. Pendaftaran Program Pendidikan Terapan ITS

Selain melaksanakan pendidikan reguler, ITS juga melaksanakan program pendidikan Terapan. Program pendidikan ITS terbagi menjadi 3 yaitu PIKTI, PAPSI, dan PRODES. Untuk itu, ITS membuka penerimaan mahasiswa baru buat pendidikan terapan. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di http://smits.its.ac.id/

9. Pendaftaran Program Pascasarjana ITS

Seperti tahun sebelumnya, ITS kembali membuka penerimaan mahasiswa baru bagi jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3). Tata cara pendaftaran, persyaratan, ketentuan pendaftaran dan keterangan lainnya bisa dibaca dengan mengakses laman http://pasca.its.ac.id/. Untuk jadwal pelaksanaan dapat dilihat disini.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ITS yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru ITS. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda.

Krusial!!! Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yg ada di website resmi ITS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *