Pendaftaran Mahasiswa Baru Intitut Teknologi Kalimantan (Itk) 2017/2018

2 min read

              Institut Teknologi Kalimantan atau yg disingkat dengan ITK merupakan Perguruan Tinggi Negeri yg terletak di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Institut Teknologi Kalimantan (ITK) telah diresmikan pendiriannya pada 6 Oktober 2014 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Visi ITK : “Menjadi perguruan tinggi unggul dan  berperan aktif dalam pembangunan nasional dan internasional.”

Misi ITK : “Menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi buat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan dunia.”

Program Studi yg ada di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), merupakan :

  • Fisika, Matematika, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Perkapalan, Sistem Informasi.

Dari beberapa Program studi yang sudah disebutkan di atas, mungkin ada salah sesuatu yg anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di ITK.

Pada tahun ini ITK membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Nasional dan Jalur Mandiri. Untuk mengetahui keterangan selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN ITK

ITK merupakan salah satu PTN yang telah mengikutsertakan diri menjadi bagian dari seleksi SNMPTN. Bagi mahasiswa yg ingin masuk ke ITK, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNMPTN.

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang seleksinya didasarkan pada nilai rapor siswa yang dilihat dari nilai rapor kelas X sampai dengan kelas XII semester 1 dan prestasi lain yang relevan. Jadi penilaian nilai rapor selama 5 semester.

Baca : Cara Pendaftaran SNMPTN

Pendaftaran SNMPTN dikerjakan secara daring melalui alamat website www.snmptn.ac.id. Untuk informasi lengkap lainnya bisa anda baca pada artikel kalian yang telah dirangkum tersendiri dengan judul Pendaftaran Online SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

2. Pendaftaran SBMPTN ITK

Mulai tahun lalu, ITK membuka jalur penerimaan mahasiwa baru melalui jalur SBMPTN. Untuk tahun ini, ITK mulai membuka jalur tersebut.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yg seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis untuk segala peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan bagi calon mahasiswa yang memilih Progam Studi Olahraga atau Seni.

Peserta bisa melakukan pendaftaran SBMPTN dengan alu sebagai berikut :

  • Peserta sedang pendaftaran tahap awal SBMPTN di www.sbmptn.ac.id
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Berdikari
  • Kembali mengakses alamat www.sbmptn.or.id
  • Login menggunakan KAP dan PIN yg didapatkan dari Bank
  • Mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.

Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, serta informasi lainnya dapat anda baca pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pendaftaran SNMPTN

3. Pendaftaran Jalur Mandiri ITK

Jalur mandiri ITK adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Masuk ITK (SMITeK). Seleksi dilaksanakan melalui ujian tertulis yang harus diikuti oleh semua peserta. Biasanya jalur ini dibuka setelah jalur seleksi SBMPTN.

Calon mahasiswa yang mendaftar melalui Jalur Berdikari (Berbeasiswa pemerintah provinsi/Pemkot/Pemkab) mampu memperoleh informasi melalui web Beasiswa Kaltim Cemerlang www.beasiswa-kaltim.info

Pada saat pelaksanaan ujian mandiri, peserta diharuskan membawa berkas perlengkapan berupa : kartu tanda peserta, fotocopy ijazah atau SKHUN, dan peralatan tulis.

Informasi lainnya mengenai pendaftaran  jalur mandiri ITK bisa anda baca pada www.itk.ac.id

4. Pendaftaran Bidikmisi ITK

Bidikmisi yaitu bantuan biaya hidup yg diberikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi, serta calon mahasiswa tersebut memiliki kemampuan akademik yg baik.

Apabila ITK bagi kedepan membuka dana bantuan Bidikmisi, maka anda bisa membaca informasinya di alamat resmi Bidikmisi, yaitu di bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id atau anda juga bisa membacanya secara langsung pada artikel kita yg berjudul Pendaftaran Online Bidikmisi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yg berlaku adalah yg ada di website resmi ITK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *