Pendaftaran Universitas Negeri Medan (Unimed)

2 min read

A. Pendaftaran SNMPTN UNIMED

Jalur SNMPTN atau disebut juga jalur undangan yaitu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yg diperuntukkan cuma untuk sekolah-sekolah yg mendapatkan undangan saja. Sekolah yg mendapatkan jalur undangan ini bisa mendaftarkan siswanya untuk mendaftar SNMPTN.

Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data sekolah dan data siswa ke PDSS, di pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa melakukan verifikasi pada alamat tersebut dan selanjutnya sedang pendaftaran SNMPTN secara online ke situs resmi SNMPTN di web.snmptn.ac.id

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, nama-nama PTN lainnya, tahapan seleksi, jumlah PTN pilihan serta informasi penting lainnya mampu anda baca pada Pendaftaran SNMPTN dan Pedoman Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran Online SNMPTN

 

B. Pendaftaran SBMPTN UNIMED

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional yg diadakan secara bersamaan oleh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Jalur ini bisa menjadi jalur alternatif apabila anda tak mampu mengikuti jalur SNMPTN atau yg telah mengikuti SNMPT tetapi tidak lulus.

Ujian yang diberikan berupa ujian tertulis buat seluruh peserta dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan diberikan kepada peserta yang mendaftar program studi seni dan olahraga.

 

Alur Pendaftaran Online SBMPTN :

  • Peserta sedang pendaftaran tahap awal SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Kembali mengakses alamat www.sbmptn.or.id
  • Peserta login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan setelah membayar di Bank.
  • Peserta melakukan pengisian data, ketika memilih Universitas, Pilih UNIMED.
  • Peserta mencetak kartu tanda peserta ujian.
  • Peserta membawa kartu tersebut dan perlengkapan lainnya saat ujian.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, kelompok ujian, jenis ujian, materi ujian, dan informasi lainnya mampu anda baca pada artikel Pedoman Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

C. Pendaftaran UMB-PT UNIMED

UNIMED merupakan salah sesuatu dari dua Perguruan Tinggi Negeri yang bergabung dengan Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN).

Seperti yg kalian ketahui bahwa P-SPMBN menyelenggarakan 2 macam seleksi, yaitu UMB-PT, UMB-PTS, dan 1 jenis tes yaitu TPBI.

UMB-PT yaitu salah sesuatu jalur seleksi masuk UNIMED. Biaya pendaftaran dibebankan kepada pendaftar yang mengikuti jalur ini.

Pendaftaran dikerjakan secara online melalui situs resmi SPMB merupakan www.spmb.or.id. Infomasi tentang tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, serta prosedur lainnya mampu dibaca artikel Pendaftaran UMB-PT atau Pendaftaran SPMB.

D. Pendaftaran Bidikmisi UNIMED

Bidikmisi yaitu bantuan biaya pendidikan yg diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga yg kurang dapat secara ekonomi. Calon mahasiswa dapat mendapatkan dana bidikmisi jika dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. Dana akan dicairkan sebanyak 2 kali dalam sesuatu tahun

Bantuan dana pendidikan tersebut digunakan bagi membiayai kehidupan sehari-hari dan terutama untuk biaya perkuliahan.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi lebih lanjut tentang tata cara pendaftaran, jadwal, persyaratan serta ketentuan lainnya bisa anda baca pada Pedoman Pendaftaran Bidikmisi.

E. Pendaftaran Pascasarjana UNIMED

Pada tahun ini UNIMED membuka penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana (S2/S3). Pendaftaran dikerjakan secara daring melalui website resmi PPS UNIMED merupakan http://pasca.unimed.ac.id . Penjelasannya mulai diuraikan di bawah ini.

Pendaftaran mahasiswa baru biasanya dibuka selama 2 gelombang. Materi Ujian yang mulai diujian pada ketika seleksi masuk terdiri dari :

  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Tes Bahasa Inggris (TBI)
  • Presentasi rencana awal proposal disertasi (khusus bagi S3)
  • Tes wawancara dan motivasi (khusus bagi Program Studi Linguistik Terapan Bahasa Inggris dan Seluruh Program Doktor)

Syarat calon Mahasiswa yg harus dipenuhi oleh calon mahasiswa baru, merupakan:

Untuk Program Magister (S2)

  • * Berkualifikasi Sarjana (S1) sesuai bidangnya, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).
  • * Sehat Fisik dan mental
  • * Lulus ujian Masuk
  • * Mendapat ijin dari atasan (untuk yg telah bekerja)

Untuk Program Doktor (S3)

  • Berkualifikasi magister (S2) sesuai dengan bidang studinya, dengan Indeks Prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 (skala 4)
  • Membuat rencana awal proposal disertasi dalam bahasa indonesia (minimal 8 halaman, kertas kuarto, font Times New Roman 12, spasi 1,5) yang memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, kerangka berpikir, dan metodologi penelitian.

Informasi lain yang diperlukan dapat anda baca pada website resmi Pascasarjana UNIMED, yaitu pascasarjana.unimed.ac.id .

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yg berlaku adalah yang ada di website resmi UNIMED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *