Pendaftaran Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta

3 min read

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) yaitu pendidikan kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan, sedangkan Akademi Imigrasi (AIM) merupakan pendidikan kedinasan Diploma III di bidang teknis Keimigrasian.

Keduanya yaitu POLTEKIP dan AIM sama-sama berada dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) yang sebelumnya bernama Akademi Ilmu Permasyarakatan (AKIP) kembali membuka penerimaan calon taruna baru yg pelaksanaannya bersamaan dengan penerimaan calon taruna baru Akademi Imigrasi (AIM).

Penerimaan calon taruna baru POLTEKIP dan AIM ini dibuka untuk menerima putra-putri terbaik lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk dididik menjadi petugas pemasyarakatan yg bisa menjadi pelaksana teknis, pengambilan keputusan, manajer dan peneliti.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon taruna baru POLTEKIP dan AIM melalui seleksi penerimaan.

Sedikit saran dari admin bagi anda yang berminat untuk mendaftar yaitu anda harus sedang persiapan yang sebaik-baiknya agar keinginan anda untuk dapat lulus seleksi dapat terkabulkan.

Perlu diketahui bahwa sistem seleksi yang digunakan adalah sistem gugur dimana calon peserta yg tidak dapat melewati setiap tahapan seleksi maka mulai dinyatakan gugur, namun untuk peserta yang bisa melewati setiap tahapan seleksi, maka mulai dinyatakan lulus seleksi.!

Untuk calon taruna yg ingin mendaftar harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran yg sudah ditentukan oleh panitia seperti berikut ini:

Persyaratan Pendaftaran

  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Pria/Wanita.
  3. Pendidikan SLTA sederajat dengan Ijazah minimal rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) dan nilai Bahasa Inggris sekurang-kurangnya 7,0 (tujuh koma nol) pada rapor semester akhir. Spesifik bagi pelamar yang menyelesaikan pendidikan SLTA sederajat di Papua dan Papua Barat nilai Ijazah minimal rata-rata 6,0 (enam koma nol) dan nilai Bahasa Inggris 6,0 (enam koma nol) pada rapor semester akhir.
  4. Usia minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun (dibuktikan dengan akte Kelahiran/ surat keterangan lahir).
  5. Tinggi badan minimal laki-laki 165 cm, perempuan minimal 158 cm, berat badan seimbang (ideal) berdasarkan hasil pengukuran yang dilaksanakan pada ketika verifikasi dokumen asli.
  6. Berbadan sehat, tak cacat fisik dan mental, tak menggunakan kacamata dan softlens, tidak tuli, dan tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter RS. Pemerintah.
  7. Bagi pria tidak bertato/ bekas tato dan tak ditindik/ bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yg disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  8. Bagi wanita tidak bertato/ bekas tato dan tidak ditindik/ bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga.
  9. Bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, hepatitis dan paru-paru sehat dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter dan Keterangan Hasil Rontgen dari Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah (dibawa pada ketika Tes Kesehatan).
  10. Belum pernah menikah dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa dan sanggup tak menikah selama pendidikan.
  11. Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di segala Wilayah Indonesia dengan menandatangani surat perjanjian ikatan dinas selama 4 (empat) Tahun (POLTEKIP) dan 3 (tiga) Tahun (AIM).
  12. Tidak pernah putus studi / drop out (DO) dari Akademi Ilmu Pemasyarakatan dan Akademi Imigrasi dan atau Akademi kedinasan pemerintah lainnya;
  13. Membuat dan mengisi formulir pernyataan dan melengkapi surat-surat informasi lainnya setelah dinyatakan diterima sebagai Siswa Ikatan Dinas.
  14. Nir sedang menjalani ikatan dinas/pekerjaan dengan instansi pemerintah / BUMN / perusahaan yang lain

Alur Pendaftaran Calon Taruna POLTEKIP dan AIM

  1. Calon taruna sedang pendaftaran secara daring melalui catar.kemenkumham.go.id
  2. Kemudian mengirim Berkas lamaran melalui jasa pengiriman Pos atau jasa pengiriman sejenis cap pos Pasar Baru Jakarta. Berkas lamaran ditujukan kepada Panitia Seleksi Siswa Ikatan Dinas Kementerian Hukum dan HAM Tahun ini dengan alamat Po Box 9999 Jakarta 10000.
  3. Berkas lamaran dimasukkan ke map warna merah untuk POLTEKIP dan warna biru untuk AIM, di luar map diberi informasi seperti berikut :

    • Nama , Loka dan Tanggal Lahir, Alamat Sekarang, Nomor Telepon, Alamat Email

  4. Berkas lamaran yang dikirimkan terdiri dari :

    • Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta.
    • Fotokopi Ijazah / STTB dan transkrip nilai terakhir yg telah dilegalisir.
    • Fotokopi Nilai Rapor Semester akhir yg sudah dilegalisir.
    • Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang sudah dilegalisir.
    • Fotokopi akte kelahiran / surat keterangan lahir.
    • Surat informasi berbadan sehat, tidak buta warna dan tidak tuli dari dokter RS. Pemerintah.
    • Surat keterangan belum pernah menikah dari Lurah/KepalaDesa sesuai domisili.
    • Pas photo berlatar belakang warna merah buat POLTEKIP dan warna biru bagi AIM, berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (buat kartu peserta ujian).
    • Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran.
    • Surat pernyataan dari pelamar yg berisi mengenai :

      • sanggup mentaati perjanjian ikatan dinas
      • sanggup mengganti semua biaya selama mengikuti pendidikan apabila mengundurkan diri
      • bersedia ditempatkan diseluruh Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan, sanggup tidak menikah selama pendidikan dan tak terikat dengan instansi pemerintah lain / swasta bermaterai Rp. 6000,-.
      • Surat pernyataan bisa diunduh di laman catar.kemenkumham.go.id

  5. Khusus untuk pelamar lulusan SLTA Tahun ini, persyaratan kedua dan ketiga pada no. 4 mampu digantikan dengan melampirkan fotokopi Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah masing-masing

Tahapan Seleksi

Seleksi dilakukan menggunakan sistem gugur melalui beberapa tahapan berikut ini :

  1. Seleksi Administrasi.
  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD).
  3. Tes Kompetensi Bidang (TKB), terdiri dari :

    • Tes Kesamaptaan.
    • Ujian Tulis Psikotes dan Wawancara Psikotes.
    • Tes Kesehatan.
    • Tes Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK).

Jadwal Pelaksanaan

  • Pendaftaran dibuka sekitar bulan Mei

Lain-yang lain

  1. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tak dipungut biaya apapun
  2. Lokasi proses pelaksanaan seleksi berada di Jakarta.
  3. Keputusan Panitia Seleksi tak bisa diganggu gugat.
  4. Apabila dikemudian hari terdapat informasi yang tidak sesuai, Panitia Seleksi mampu menggugurkan kelulusan calon Siswa Ikatan Dinas
  5. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di alamat http://catar.kemenkumham.go.id

Itulah informasi tentang Pendaftaran POLTEKIP dan AIM. Apabila ada perubahan atau perbedaan keterangan, maka yg berlaku adalah yang ada di website resmi POLTEKIP dan AIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *