Pendaftaran Politeknik Aka Bogor

2 min read

Politeknik AKA Bogor adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan di Bidang Kimia Analisis.

Sejarah singkat mengenai pendirian Politeknik AKA Bogor yaitu :

  • 8 Oktober 1959 – Politeknik AKA Bogor didirikan dengan nama Akademi Analis berdasarkan SK Menteri Muda Perindustrian Rakjat No. 1060/S.D.
  • 29 September 1964 – Akademi Analis diubah menjadi Akademi Kimia Analisis (AKA) berdasarkan SK Menteri Perindustrian Rakjat No. 597/PMR/64
  • 1981 – AKA dinyatakan sebagai lembaga pendidikan profesional program Diploma 3 berdasarkan SKB Menteri Perindustrian No. 278/M/SK/6/81 dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0186/O/1981
  • 2008 – AKA menjadi satuan kerja yg menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Generik (PPK BLU)
  • 2013 – AKA Bogor membentuk Forum Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1)
  • 5 Januari 2015 – Akademi Kimia Analisis diubah menjadi Politeknik AKA Bogor berdasarkan SK Menteri Perindustrian RI No. 04/M-IND/PER/1/2015 dengan tiga program studi, merupakan D3 Analisis Kimia, D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan, dan D3 Pengolahan Limbah Industri

Program studi yang ada di Politeknik AKA Bogor yaitu :

  • D3 Analisis Kimia
  • D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan
  • D3 Pengolahan Limbah Industri

Bagi anda yang berminat untuk menjadi mahasiswa Politeknik AKA Bogor, maka silahkan daftarkan diri anda dengan mengikuti jalur seleksi yg dibuka. Berikut adalah jenis-macam jalur seleksi yg dibuka oleh Politeknik AKA Bogor.

Jalur-jalur Seleksi Politeknik AKA Bogor1. Jalur Undangan / PMDK

Jalur Undangan / PMDK adalah jalur seleksi calon mahasiswa baru yg diperuntukkan khusus Bagi SMU/SMK di bawah Kementerian Perindustrian dan khusus bagi Sekolah-sekolah dimanapun yg Siswa Almuni nya berprestasi di kampus Politeknik AKA Bogor, dan untuk informasinya bisa di cek melalui sekolah nya masing-masing .

2. Jalur Seleksi Rapor

Jalur seleksi raport adalah jalur seleksi calon mahasiswa baru yg diperuntukkan khusus untuk siswa SMU/SMK/MA Jurusan IPA, yg saat ini aktif di semester akhir yg memenuhi ketentuan.

3. Jalur Ujian Masuk Gelombang I

Jalur ujian masuk gelombang I adalah jalur seleksi calon mahasiswa baru melalui test tertulis yang di selenggarakan di kampus Politeknik AKA Bogor, Untuk Pendaftar yang tidak lolos seleksi Rapor, maka otomatis bisa mengikuti jalur ini tanpa membayar biaya pendaftaran, dengan syarat melakukan konfirmasi melalui website resmi www.aka.ac.id

4. Jalur Ujian Masuk Gelombang II

Jalur ujian masuk gelombang II adalah jalur seleksi tes tertulis seperti gelombang I. Jalur ini dibuka setelah gelombang I berakhir. Bagi anda yg tak lulus gelombang I, maka dapat mengikuti tes tertulis gelombang II namun harus membayar lagi biaya pendaftaran.

Persyaratan dan Mekanisme Pendaftaran Jalur Seleksi Undangan dan Jalur Seleksi Raport

  1. Pendaftar mampu berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMK yg memberikan mata pelajaran KIMIA dalam struktur kurikulumnya.
  2. Membayar uang pendaftaran Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah)  melalui rekening operasional Akademi Kimia Analisis dengan nomor rekening 0325128740 Bank BNI Cabang Bogor a.n. “RPL 023 AKA Bogor utk BLU”. Jika transfer melalui ATM nama penerimanya ” Rekening Operasional.
  3. Untuk memudahkan proses transaksi, diharapkan pembayaran dikerjakan melalui BANK, atau mesin ATM saja, agar proses transaksi dapat mudah dilacak oleh bagian keuangan.
  4. Wajib melampirkan Bukti Asli pembayaran uang pendaftaran melalui Bank. Bisa Melalui ATM dengan mengirimkan Reciept Bukti Pembayaran.
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran ( download di web resmi ) buat Kolom No Ujian dan Kolom-kolom paling bawah pada formulir pendaftaran ( Penerima Pendaftaran, Pemeriksa Nilai Rapor, Peng-Input Data dan Verifikasi Data, harap dikosongkan saja )
  6. Melampirkan fotocopy rapor semester I s/d semester terakhir, bagi SMU/MA sederajat semester 1 s/d 5, untuk sekolah Akselerasi semester 1 s/d 3, buat SMK sederajat ( 3 tahun ) semester 1 s/d 5, untuk SMK sederajat (4 tahun ) semester 1 s/d 7, dan telah dilegalisir oleh kepala sekolah
  7. Mengirimkan Pas foto berwarna ( latar belakang merah/biru, pakaian bebas sopan dan rapi ) terbaru ukuran  4×6 cm (1 lembar) dan 3×4 cm (1 lembar) dibelakang foto wajib ditulis nama dan yang berasal sekolah
  8. Semua Persyaratan Tersebut mampu dikirim melalui POS ke alamat Kampus Politeknik AKA Bogor. Jl. Pangeran Sogiri No 283 Tanah Baru Bogor Utara, atau dapat juga datang langsung ke Kampus Politeknik AKA Bogor.

Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran Jalur Tes Gelombang I dan II

Persyaratan dan mekanisme pendaftaran jalur tes gelombang I dan II hampir sama dengan persyaratan dan mekanisme jalur seleksi undangan dan jalur seleksi raport. Hanya saja calon peserta tidak perlu melampirkan fotocopy raport dan untuk cara pembayarannya mampu dilakukan melalui Bank atau membayar segera di kampus Politeknik AKA Bogor.

Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran bagi seluruh jalur seleksi dibuka sekitar Januari hingga Juli. Jadwal lengkap mampu dilihat di website resmi Politeknik AKA Bogor

Kontak Panitia

Phone : +62-251-8650 351

Whatsapp : +6281284331482

Instagram : @poltekakabogor

twitter : @akabogor

E-mail : poltek_akabogor@aka.ac.id

E-mail PMB : infopmb@aka.ac.id

Itulah informasi tentang jalur-jalur seleksi Politeknik AKA Bogor dan ketentuannya. Silahkan anda ikuti jalur seleksi yg anda minati.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan keterangan, maka yg berlaku adalah yang ada di website resmi Politeknik AKA Bogor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *