Pendaftaran Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Stpn Yogyakarta

2 min read

STPN atau Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional adalah Sekolah Tinggi Kedinasan yg berada di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

STPN ini tergolong sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan tertua di Indonesia yg sudah didirikan sejak tahun 1963 dengan nama Akademi Agraria. Kemudian mengalami perubahan sehingga saat ini bernama  Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN).

Adanya STPN ini, maka diharapkan mampu mencetak para tenaga profesional di bidang agraria / pertanahan dan tataruang. Maka dari itu, untuk anda yang ingin menjadi ahli di bidang tersebut, silahkan kuliah di STPN.

Pada saat ini STPN sudah menyelenggarakan beberapa Program Studi, merupakan :

  • Program Studi Diploma I PPK.
  • Program Studi Diploma IV Pertanahan
  • Program Studi Pendidikan Khusus PPAT

Dari dua program studi tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon taruna baru STPN.

Bagi anda yg ingin berminat, silahkan anda mendaftarkan diri anda dengan mengikuti jalur penerimaan yang dibuka serta memilih program studi yg anda minati tersebut.

Berikut admin berikan informasi pendaftaran bagi setiap program studi di STPN.

Penerimaan Calon Taruna Program Studi D-I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK)

Persyaratan Pendaftaran

  1. Lulusan SMA/SMU/Madrasah Aliyah Jurusan IPA atau Peminatan Matematika dan Ilmu Alam serta SMK/STM Jurusan Survey Pemetaan, atau Jurusan yg linier dengan Program Studi Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.
  2. Usia paling tinggi 23 tahun
  3. Nilai rata-rata mata pelajaran Matematika kelas X s.d. XII minimum 7,5 (tujuh koma lima).
  4. Tinggi badan minimum, wanita : 160 cm, pria : 165 cm.

Mekanisme Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui alamat www.ptb-stpn.ac.id
  2. Lakukan pengisian data hingga mencetak bukti pendaftaran
  3. Kemudian akan mendapatkan pemberitahuan melalui email untuk sedang pembayaran
  4. Kemudian membayar biaya pendaftaran di Bank Mandiri Cabang Godean sesuai petunjuk. Pembayaran cuma menggunakan Slip Setoran/Transfer melalui Teller Bank
  5. Bukti pembayaran discan atau difoto dan diupload ke Pelaksanaan PCT STPN Online (www.ptb-stpn.ac.id)
  6. Calon Peserta STPN yang sudah mengunggah bukti pembayaran akan menerima pemberitahuan username dan password yang dapat digunakan buat Login dan mengisi formulir pendaftarand alamat www.ptb-stpn.ac.id
  7. Calon Peserta STPN mengisi dan mencetak formulir dengan ukuran kertas F4, surat pernyataan, dan label map pada Pelaksanaan PCT STPN Online.
  8. Pendaftar mengirimkan berkas pendaftaran melalui jasa pos atau jasa pengiriman/jasa kurir resmi lainnya kepada : Panitia PCT Program D-I PPK STPN Kotak Pos 1216  Yogyakarta
  9. Pada bagian luar Amplop berkas harus ditempel Label Map yang dicetak dari Aplikasi PCT STPN Online
  10. Setelah dua hari, maka calon peserta mampu mengecek status berkas pendaftaran dengan login ke alamat PTB di atas dan pilih menu Status Berkas
  11. Berkas pendaftaran terdiri dari:

    • Formulir Pendaftaran yg telah diisi lengkap.
    • Foto copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus (buat lulusan tahun 2015) yg telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yg bersangkutan sebanyak 1 (sesuatu) lembar.
    • Foto copy rapor dari kelas X s.d XII yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (sesuatu) lembar.
    • Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, berdasi, ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 (satu)  lembar (harus sama dengan foto pada formulir pendaftaran).
    • Foto copy bukti setor biaya pendaftaran sebanyak 1 (satu) lembar (pada bukti setor tercantum nama pendaftar dan nomor pendaftaran).
    • Surat pernyataan mengisi data pada formulir dengan benar dan kesediaan menerima segala keputusan Panitia PCT Program D-I PPK STPN, termasuk hasil tes kesehatan dan pengukuran tinggi dan berat badan yg ditandatangani di atas meterai (Surat Pernyataan dicetak melalui aplikasi PCT Online.

  12. Berkas yang dikirimkan harus lengkap.

Aplikasi Ujian

Ujian Seleksi Penerimaan Calon Taruna Program Studi Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral terdiri dari :

  • Ujian Tertulis
  • Ujian Kesehatan
  • Ujian Stereoskopis
  • Ujian Wawancara
  • Ujian Fisik/Jasmani

Calon taruna yg ingin lulus harus bisa melewati semua ujian seleksi tersebut. Maka dari itu, harus berlatih dan memiliki semangat juang yang tinggi. Untuk informasi tambahan merupakan :

  • Lokasi Ujian bertempat di STPN Yogyakarta.
  • Biaya Ujian Kesehatan dan Ujian Fisik/Jasmani dibebankan pada Peserta Ujian

Jadwal Pelaksanaan

  • Pendaftaran diperkirakan akan dibuka pada bulan Juni. Selengkapnya dapat dilihat di website resmi STPN.

Catatan

  • Taruna Program Studi D-I PPK STPN bukan Taruna Ikatan Dinas. Dengan demikian lulusan Program Studi dimaksud tidak secara otomatis diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Itulah informasi penerimaan calon taruna baru STPN buat Program Studi D-I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK)

Untuk informasi pendaftaran Program Studi Diploma IV Pertanahan dan Program Studi Pendidikan Spesifik PPAT mulai di update secara berkala.

Penting!!!

Untuk informasi yang lain yg belum diberikan disini, maka bisa anda lihat langung di website resmi STPN. Apabila ada perubahan atau perbedaaan informasi, maka yg berlaku adalah yang ada di website resmi STPN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *