Pendaftaran Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Sttt Jawa Barat

2 min read

STTT atau Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil merupakan salah sesuatu sekolah tinggi kedinasan yg di bawah Kementerian Perindustrian RI yang menyelenggarakan pendidikan di bidang teknologi tekstil.

STTT menyelenggarakan pendidikan bidang vokasi bagi membina industri tekstil dan menyiapkan mahasiswanya menjadi ahli dan terampil di bidang tekstil.

Lokasi Polteknik STTT beralamatkan di Jl. Jakarta No. 31, Bandung 40272, Jawa Barat, Indonesia.

Sejarah singkat berdirinya STTT yaitu : STTT didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1922. Kemudian pada tahun 1954 dikembangkan menjadi Akademi Textil (AKATEX). Berikutnya tahun 1964, Akatex di ubah menjadi Perguruan Tinggi Ilmu Tekstil (PTIT).

Kemudian pada tahun 1966 di ubah lagi menjadi Institut Teknologi Tekstil (ITT) yg merupakan gabungan dari Akatex, PTIT, Balai Penelitian Tekstil (BaPT), dan Pilot Pemintalan.

Selanjutnya pada tahun 1979, ITT dikembangkan menjadi beberapa lembaga, merupakan Balai Besar Pengembangan dan Penelitian Industri Tekstil (BBT) dan Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) .

Pembentukan STTT ini didasarkan pada Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 274/SK/VI/1981 dan 0182/0/1981 tangal 6 Juni 1981.

Melalui proses yang begitu panjang, akhirnya berdirilah STTT Bandung. Pada ketika ini STTT Bandung sudah berubah statusnya menjadi Politeknik STTT Bandung.

Program Pendidikan yg diselenggarakan Politeknik STTT Bandung adalah :

Program Diploma IV :

  • Program Studi Teknik Tekstil
  • Program Studi Kimia Teksti
  • Program Studi Teknologi dan Bisnis Garmen

Program Diploma I :

  • Program Studi Teknologi Manufaktur Pakaian Jadi

Dari sejumlah program studi yg diselenggarakan oleh Politeknik STTT, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Politeknik STTT.

Politeknik STTT kembali membuka dua jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK dan USM. Pembahasan mengenai kedua jalur seleksi tersebut bisa anda pahami berikut ini.

 

1. Pendaftaran Jalur PMDK Politeknik STTT

PMDK atau Penelusuran Minat Bakat dan Kemampuan merupakan jalur seleksi masuk ke Politeknik STTT yang diperuntukan buat siswa-siswi berprestasi dimana seleksinya dilakukan dengan didasarkan pada nilai raport.

Peryaratan Pendaftaran Jalur PMDK

  1. Menyerahkan pasphoto berwarna latar merah : 2 lembar ukuran 4 x 6
  2. Surat informasi dokter yang menyatakan tak buta warna
  3. SMU : Raport kelas X, kelas XI dan semester 1 kelas XII
  4. SMK : Raport kelas X, kelas XI untuk SMK 3 tahun. Raport kelas X, kelas XI, kelas XII bagi SMK 4 tahun.
  5. Untuk jalur prestasi menyerahkan photocopy piagam penghargaan prestasi yg diperoleh yg telah dilegalisir oleh kepala sekolah.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan cara :

  • Mengirim berkas pendaftaran lengkap beserta persyaratannya melalui POS, serta bukti pembayaran biaya pendaftaran dari BNI 46 Cab. Ahmad Yani ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik STTT.
  • Datang langsung ke bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan, Gedung B Lt. 1, kampus Politeknik STTT Jl. Jakarta 31 Bandung, dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan

Jadwal Pelaksanaan Jalur PMDK

Pelaksanaan dibuka untuk 3 gelombang, silahkan anda ikuti gelombang yang anda inginkan. Jadwal selengkapnya mampu dilihat di website resmi Politeknik STTT.

2. Pendaftaran Jalur USM Politeknik STTT

USM atau Ujian Saringan Masuk merupakan jalur seleksi masuk ke Politeknik STTT dimana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh setiap peserta.

Jalur ini dapat dikatakan sebagai jalur alternatif masuk ke Politeknik STTT. Mungkin sebelumnya anda sudah mengikuti seleksi jalur PMDK, namun anda sudah dinyatakan tidak lulus, maka anda bisa kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur USM ini.

Peryaratan Pendaftaran

  • Menyerahkan pasphoto berwarna latar merah : 2 lembar ukuran 4 x 6
  • Surat keterangan dokter yg menyatakan tidak buta warna

Pendaftaran dikerjakan dengan cara datang segera di kampus Politeknik STTT atau mengirim berkas pendaftaran melalui POS seperti informasi berikut ini :

Pendaftaran dapat dikerjakan dengan cara :

  • Mengirim berkas pendaftaran lengkap beserta persyaratannya melalui POS, serta bukti pembayaran biaya pendaftaran dari BNI 46 Cab. Ahmad Yani ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STTT.
  • Datang langsung ke bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan, Gedung B Lt. 1, kampus Politeknik STTT Jl. Jakarta 31 Bandung, dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan

Pendaftaran jalur USM dibuka bagi beberapa gelombang. Jadi yang tidak lulus gelombang 1, maka mampu mengikuti seleksi gelombang berikutnya.

Alamat Penting Politeknik STTT

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil

Jl. Jakarta No. 31, Bandung 40272

Telp : 022-7272580, Fax : 022-7271694, Email : info@stttekstil.ac.id

Facebook : official.stttekstil.Bandung, Twitter : @stt_tekstil

Penting!!! Untuk keterangan lainnya yg belum dimuat disini, maka dapat anda lihat di website resmi Politeknik STTT di stttekstil.ac.id . Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yg berlaku adalah yg ada di alamat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *